Manfaat Propolis

Apa itu Propolis..?

Propolis atau Lem Lebah adalah suatu zat yang dihasilkan oleh lebah madu. Dikumpulkan oleh lebah dari pucuk daun-daun yang muda untuk kemudian  dicampur dengan air liurnya, digunakan untuk menambal dan mensterilkan sarang. Propolis bersifat disinfektan (anti bakteri) yang membunuh semua kuman yang masuk ke sarang lebah. lebah meliputi sarangnya dengan propolis untuk melindungi semua yang ada didalam sarang tersebut dari serbuan kuman, virus, atau bakteri, misal: ratu lebah, telur, bayi lebah dan madu. Sifat disinfektan alami yang terkandung dalam propolis sangat ampuh dalam membunuh kuman, terbukti dengan ditemukannya seekor tikus dalam sarang lebah yang telah mati selama kurang lebih 5 tahun dalam keadaan tidak membusuk.

Mekanisme kerja propolis dlm tubuh.

Saat pengguna mengkonsumsi propolis, maka propolis akan memasuki sistem pencernaan, dari sistem pencernaan unsur-unsur aktif propolis diserap oleh usus halus untuk kemudian disebarkan keseluruh tubuh. Adapun pembawa unsur-unsur propolis ke seluruh tubuh adalah sel darah merah. Ketika unsur dari propolis ini bertemu dengan sel yang rusak maupun bibit penyakit, atau unsur racun lainnya maka propolis akan “membongkar”, ”menangkap” dan ”melumpuhkan” bibit penyakit, maupun zat yang berbahaya bagi tubuh, kemudian bibit penyakit tersebut dibawa beredar di tubuh hingga sampai di sistem pengeluaran baik berupa pengeluaran keringat, air seni, maupun buang air besar. Sementara itu sebelum memasuki system pengeluaran zat-zat yang ditangkap dan dilumpuhkan propolis tetapi masih memiliki sifat racun bagi tubuh akan dinetralisir di dalam hati, setelah itu baru dikeluarkan. Ketika unsur-unsur berbahaya yang berhasil ditangkap dan dilumpuhkan propolis dan memiliki sifat racun beredar di dalam tubuh ini maka akan muncul gejala tindak balas. Adanya tindak balas ini sesungguhnya menggambarkan perjalanan unsur-unsur racun yang dilumpuhkan propolis didalam tubuh, sekaligus gejala tindak balas ini memberitahu tentang tindakan apasaja yang seharusnya diambil. Dari sisi ini tindak balas merupakan sebuah proses yang menakjubkan dari pencipta propolis sehingga sipengguna mengetahui setiap tahap menuju kesembuhan dari dirinya, hebat bukan?.
Kita tidak bisa sama sekali menghilangkan efek dari tindak balas penggunaan propolis, ketika tubuh kita sakit tetapi kita bisa mengurangi efek tindak balas tersebut, sampai bada batas minimal, atau pada batas tubuh mampu menanggungnya. Adapun langkah-langkah menuju minimalisasi efek tindak balas dari propolis dapat dilakukan dengan mengkonsumsi produk yang dapat meningkatkan kinerja organ atau sistem tubuh yang terkait dengan penetralan racun atau unsur berbahaya yang diangkut oleh propolis.

Organ atau sistem tubuh yg terlibat dlm penetralan racun.

1. Sistem pencernaan terutama usus halus.
Didalam usus ini unsur-unsur yang ada dalam propolis akan diserap, kebersihan dan kesehatan usus ini menjadi penentu kualitas dan kuantitas penyerapan zat-zat propolis. Pada usus yang terdapat banyak endapan (kerak) maka penyerapan propolis tidak akan optimal. Oleh karena itu seseorang disarankan untuk melakukan pembersihan usus sebelum minum propolis. Pada prakteknya proses pembersihan usus dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1. berpuasa, akatiiftas berpuasa sangat membantu penyerapan unsur-unsur propolis oleh usus, selain itu berpuasa juga dapat meningkatkan daya ikat sel darah merah terhadap unsur-unsur propolis. Lebih dari itu berpuasa adalah berpahala dan nilai ini yang tidak didapat ketika kita melakukan pembersihan usus dengan cara lain.
2. mengkonsumsi produk yang dapat membersihkan usus, produk tersebut antara lain juice atau extrak lidah buaya, dan sebagainya.
3. mengkonsumsi propolis saat perut kosong, dan ini cara minimal untuk meningkatkan penyerapan unsur-unsur yang terdapat dalam propolis oleh usus.

2. Sumsum tulang
Sumsum tulang adalah tempat dimana sel-sel darah merah diproduksi, apabila sumsum tulang belakang dalam keadaan sehat dan baik maka akan diproduksi sel darah merah yang cukup dan sehat dari sisi bentuk dan daya ikatnya. Adapun sel darah merah yang baik dan cukup diibaratkan kendaraan yang digunakan untuk mengangkut pasukan propolis untuk membongkar, mengalahkan dan mengangkut zat berbahaya dalam tubuh. Dengan demikian ketersediaan sel darah merah yang cukup dan baik sangat membantu kinerja propolis dalam tubuh. Dan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sel darah merah ini kita perlumenggunakan produk yang dapat menyehatkan pabrik sel darah merah, yaitu sumsum tulang. Dan produk yang aman dan mampu untuk kearah itu diantaranya adalah buah kurma.

3. Sendi-sendi tulang
Pada sendi-sendi tulang ini keluar pembuluh darah dari sumsum tulang, sel darah merah yang telah diproduksi di sumsum tulang akan disalurkan ke seluruh pembuluh darah di sekujur tubuh melewati senti-sendi tulang. Pada sebagian orang karena faktor usia sendi tulang ini tidak berfungsi dengan sempurna. Padahal untuk menigkatkan kinerja propolis diperlukan kineja sendi yang baik. Dan untuk meningkatkan kerja sendi-sendi tulang ini seorang pengguna propolis dapat mengkonsumsi produk yang dapat meningkatkan kerja sendi diantaranya extrak biji anggur, dan minyak zaitun

4. Cairan darah
Untuk melancarkan perjalanan sel darah merah ketika mengangkut propolis maupun unsur berbahaya yang ditaklukan oleh propolis maka diperlukan jalan yang lancar, jalan yang lancar ini adalah kondisi cairan darah yang encer, sehingga unsur berbahaya yang berhasil dilumpuhkan propolis ini dapat segera dibuang dari tubuh. Adapun cara yang paling efektif untuk mengencerkan darah ini adalah dengan banyak minum air dan sangat baik jika ditambah konsumsi minyak Habbatusauda

5. Hati (liver)
Dalam pembersihan racun, hati memegang peran utama, meningkatkan kinerja hati menjadi sangat penting ketika seseorang sedang mengkonsumsi propolis untuk pengobatan. Adapun unsur utama yang diproduksi hati dalam menetralkan racun adalah Glutation peroxidase dimana zat ini tidak bisa diproduksi diluar tubuh manusia tetapi dapat dirangsang dengan jalan seseorang mengkonsumsi susu segar, bagi bayi dengan mengkonsumsi ASI, atau dengan mengkonsumsi jus alpukat. Sehingga sesorang yang sedang mengkonsumsi propolis disarankan untuk minum susu segar minimal dua kali sehari.

6. Do’a dan kepasrahan kepada Alloh swt.
Posisi do’a dan kepasrahan kepada Alloh swt. sangat vital dan tidak bisa tergantikan, selain secara pasti bahwa kesembuhan berasal dari pencipta manusia. Orang yang berdoa secara sungguh-sungguh dan mengembalikan seluruh permasalahan penyakit kepada Alloh swt, ditinjau secara dari sisi medis maka yang bersangkutan telah mengaktifkan seluruh sistem tubuhnya untuk berada pada kondisi yang optimal untuk bekerja menuju kesembuhan dirinya. Demikianlah beberapa langkah untuk meningkatkan kinerja propolis dan meminimalkan efek tindak balas (reaksi) yang muncul

Khasiat Propolis.

Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap Virus, Bakteri, Jamur dan radikal bebas, mencegah dan mengobati berbagai penyakit dalam dan luar tubuh seperti : Diabetes, Kanker Payu Dara, Kanker Leher Rahim, Keputihan, Batu Ginjal, Gagal Ginjal, Kanker Prostat, Hepatitis, Maag, Kista, Myoma, Tokso, Herpes, Katarak, Mata min dan Plus, Sinusitis, TBC, Microchepalus, Hydrochepalus, Haid Nyeri ( PMS ), Kolesterol, Lupus, HIV-AIDS, Rematik, Kesuburan, Asam Urat, Stroke, Jantung, Menormalkan tekanan darah, Amandel, Eksim, kudis dan penyakit kulit lainnya, Ketombe, Demam Berdarah ( DBD ), Flu Burung, Amnesia, Paru-Paru, sakit gigi, Dll.

Dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: