Makanan pencegah asam urat

Bagi Anda yang belum mengidap penyakit asam urat mungkin belum bisa membayangkan rasa sakitnya. Asam urat sangat menyiksa penderita, yaitu dengan rasa ngilu dan sakit yang luar biasa di persendian.

Penyakit asam urat di antaranya disebabkan oleh asupan makanan yang mengandung purin berlebihan. Untuk mencegah munculnya serangan serta mengembalikan dan menjaga kadar asam urat, diperlukan pengaturan pola makan yang tepat.

Diet untuk penderita asam urat adalah diet rendah purin, cukup vitamin, dan mineral. Diet rendah purin diberikan kepada pasien dengan kadar asam urat > 7.5 mg/dl. Tujuannya untuk mencapai dan mempertahankan status gizi optimal serta menurunkan kadar asam urat dalam darah dan urine.

Diet ini diberikan hingga kadar asam urat di dalam darah normal (< 7.5 mg/dl). Diet rendah purin terdiri atas dua jenis, yaitu diet rendah purin I (1.500 kkal) dan diet rendah purin II (1.700 kkal). Jenisnya disesuaikan dengan kebutuhan energi masing-masing penderita berdasarkan berat dan tinggi badan, usia, serta aktivitas.

Terdapat tiga kelompok bahan makanan berdasarkan kadar purin dan anjuran mengonsumsi.

Kelompok I
Bahan makanan yang harus dihindari karena mengandung 100-1.000 mg purin per 100 gram bahan makanan. Misalnya otak, hati, jantung, ginjal, jeroan, kaldu, bebek, sarden, kornet, makarel, kerang, remis, alkohol, bir, tape, dan durian.

Kelompok II
Bahan makanan yang dibatasi untuk dikonsumsi karena mengandung 10-99 mg purin per 100 gram bahan makanan. Misalnya, daging sapi, ayam, ikan (kecuali yang terdapat di kelompok I), dan udang. Maksimum 50-75 gram atau 1 potong per hari.

Selain itu, bahan makanan lain yang harus dibatasi adalah bayam, asparagus, kembang kol, brokoli, daun singkong, kangkung, serta daun dan biji melinjo. Maksimum 100 gram atau satu mangkuk per hari. Perhatikan juga konsumsi kacang-kacangan dan hasil olahannya, seperti tahu dan tempe. Maksimum 1 potong per hari.

Kelompok III
Bahan makanan yang bebas dikonsumsi. Misalnya, nasi, ubi, singkong, jagung, roti, mi, bihun, tepung beras, cake, kue kering, puding, susu, keju, telur, minyak, dan gula. Buah dan sayur seperti sawi, wortel, kemangi, mentimun, oyong, labu siam, dan kacang panjang juga bebas dikonsumsi.

Semoga sehat selalu…

sumber Agromedia

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: